Silent Reader ~

Aku nulis hal ini semata-mata untuk menganalisis dari kacamata aku tentang silent reader

Semua author dan admin pasti benci sama yang namanya Silent reader

ya aku jujur aja,sebagai author aku juga sedih banget begitu liat ff aku banyak yang baca tapi ga ada yang comment

itu hal yang wajar banget

Tapi aku ga benci sama yang namanya silent reader dan ga anti2 banget,karena aku tahu pasti ada beberapa alasan mereka menjadi silent reader diantaranya:

1.Mereka bingung mau ngomong apa

Nah ini alesan yang paling umum banget dan para author juga pasti udah tau dan merasa basi banget sama alesan ini.Tapi bener deh ngasih komentar terhadap suatu hasil karya itu ga gampang. Kalo reader ngomongnya salah aja,authornya bisa tersinggung. Maka mereka lebih baik tutup mulut dan pura2 ga pernah baca itu hasil karya.

2. Author ga bales comment mereka

Sebenernya ini tergantung authornya juga sih. Tapi kadang ada beberapa reader yang merasa dihargai banget kalo komentar mereka dibales sama author. Jujur aja apa susahnya sih bilang terimakasih sudah membaca? Ya emang kalo komennya nyampe ratusan atau bahkan ribuan mungkin,ga mungkin juga dibales satu2,tapi setidaknya bilang sama reader kalo kita tuh menghargai banget setiap komentar mereka dan kita baca komentar itu walaupun kita ga bales.

3.Reader bukan author

Mungkin ada beberapa reader yang sekaligus author jadi mereka udah ngerti kalo comment itu penting banget buat author. Tapi yang namanya reader kita juga ga bisa nebak kan jalan pikiran mereka.Ini masih ada hubungannya dengan alesan nomer 1. Ya bisa aja mereka bingung mau comment apa karena karya author dianggap bagus dan emang ga perlu kritik.Beda kalo yang comment juga author. Namanya sama sama author pasti udah ngerti lah dunia FF tuh kayak apa dan lebih lancar kalo kasih comment buat hasil karya orang lain dibandingkan cuma reader biasa yang mungkin belom ngerti.

4.Banyak author yang kesel karena reader cuma comment ‘lanjut’,’bagus’,dll

Alesan ini masih ada hubungannya sama alesan nomer 1 dan 3. Banyak banget author yang kesel karena karyanya cuma dicomment ‘bagus’,’lanjut thor’,’keren’,’bikin lagi ya’,dll. Emang sih comment kayak gitu ngeselin,kita udah capek ngetik panjang2 eh dikomennya cuma gitu aja.Ga salah sih kalo kita kesel,tapi coba liat deh dari posisi reader,mereka juga bingung harus ngomong apa(alesan no 1) dan soal reader bukan author(alesan no 3) . Sebenernya author boleh-boleh aja kesel tapi masih mending reader yang seperti ini daripada yang ga comment sama sekali. Kalopun mereka cuma comment seperti itu harusnya author juga bisa menghargai dan setidaknya bilang terimakasih walaupun kecewa karena commentnya hanya seperti itu.

5.Banyak author yang membalas comment reader kurang ramah

Ini alesan yang penting banget buat catetan para author. Ya ini juga tergantung sifat author masing2 sih. Emang susah buat beramah tamah sama orang. Tapi kita ga pantes marah kalo reader comment ff kita untuk mengkritik. Malah dengan kritik kita akan lebih maju,walaupun mungkin emang ada beberaa reader yang nyampein kritik dengan bahasa yang bikin kita tersinggung. Jangan cepet marah,coba tampung aja kritik itu sebagai pembelajaran dan bukan penghinaan.

6. Banyak reader yang baca lewat hp

Pasti banyak kan reader yang baca lewat hp dan seperti yang kita ketahui comment lewat hp itu ga gampang. Malah kadang udah nunggu lama malah gagal ke post commentnya. Untuk alesan yang satu ini,kita sebagai author ga bisa berbuat apa-apa. Kita juga harus ngertiin posisi reader yang serba salah.

Jadi menurut aku pribadi sebenernya masalah sider itu bukan 100% salah reader

tapi bisa aja seperti alesan2 di atas,kadang authornya juga yang salah

jadi sider mungkin tetap ada,hanya yang bisa kita lakukan mengurangi populasinya dan bukan menghilangkannya

karena terkadang tanpa sadar kita yang melakukan kesalahan dan membuat seorang reader menjadi sider.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s