Tolong baca ini jika kalian menghargai saya…

Sebenernya aku ga ngerasa harus bikin tulisan semacam ini karena aku bukan tipe author yang mengerjakan fanfic tergantung peminatnya. Aku menulis itu murni karena aku mencintai dunia tulisan termasuk fanfiction. Aku menulis karena kemauan aku bukan karena ada orang lain yang memaksanya.

Tapi belakangan aku menyadari semua usaha kerja keras aku dalam dunia fanfic ini seolah tidak ada harganya. Cukup banyak reader yang tidak tahu bagaimana cara menghargai authornya. Bisa dilihat dari banyaknya Silent reader yang berkeliaran di sini. Aku tahu setiap blog pasti mempunyai reader seperti ini dan setiap orang pasti pernah menjadi Silent reader entah dengan berbagai macam alsannya.

Aku mulai merasa amat sangat lelah dengan semua itu, selam ini aku merasa aku sudah cukup baik sebagai author. Maaf bila kalian tidak merasa seperti itu. Aku tahu sebagai manusia biasa aku tidaklah sempurna. Aku ga bisa cepet2 ngasih pw dan aku sering lupa siapa aja yang udah aku kasih dan yang belum, terus aku juga sekarang lama kalo bales komen kalian trus kadang malah aku lupa dan akhirnya ga aku bales, aku minta maaf kalau hal itu bikin kalian kecewa banget sama aku. Aku selalu janji sama kalian untuk menjadi lebih baik ke depannya dan aku akan berusaha menepati itu.

Semakin ke sini aku juga ngerasa kinerja aku sebagai author udah menurun jauh dibandingkan dulu mungkin itu juga penyebab banyak reader yang ‘berhenti’ membaca fanfic aku, tapi aku liat dari stat view readernya semakin banyak, hanya saja yang ‘rela’ memberikan komentarnya buat ff aku semakin sedikit. Jujur aku udah ga tau lagi gimana caranya supaya reader2 seperti itu tidak semakin banyak berkeliaran di sini.

Sedikit curhat tentang suka duka aku menulis, kalian pasti tahu kalau author2 fanfic masih banyak yang anak sekolah/ kuliah, termasuk aku, jadi membagi waktu antara menulis dan belajar serta hal lainnya itu bukan perkara yang mudah. Aku bahkan harus nyolong2 nulis di saat mama papaku udah tidur gara2 aku sering ditegur kalau ketahuan buka komputer terus malah ngetik ff bukannya bikin tugas atau belajar padahal ff itu pelampiasan stress dan rasa jenuh aku sama pelajaran sekolah.

Bahkan sering kali aku menangis kalau sudah dimarahi atau ditegur seperti itu, buatku mama papa ga ngerti kenapa aku mencintai dunia ff. Memang apa yang mereka laukan demi kebaikan aku juga apalagi aku harusnya fokus untuk ke pelajaran bukannya malah asyik sendiri dengan dunia ff yang cukup banyak menyita perhatian. Tapi nyatanya setiap aku nulis aku menemukan kebahagiaan sendiri yang susah buat aku ungkapin dan aku merasa nyaman sama semua itu.

Dulu aku merasa ga peduli mau seberapa banyak komen yang aku dapet, aku senang kalau kalian baca ff aku, tapi semakin ke sini perjuangan aku buat bikin ff semakin ga mudah, semakin banyak rintangan dan semakin aku harus banyak2 belajar sabar dan berhenti putus asa, tapi ff yang udah aku perjuangkan dengan cukup keras nyatanya hanya dianggap ‘seperti itu’ oleh kalian.

Aku tahu di luar sana banyak banget author ff yang fanfictionnya Jauh  lebih baik daripada ff buatanku dan aku sadar semua itu. Tapi apa kalian tidak bisa memberikan sedikit saja kekuatan untuk aku dengan memberikan apresasi kalian? 

Setiap kalian minta password aku selalu berusaha memberikannya.Syaratnya pun hanya komen di salah satu chapternya aja. Susah? Kok kalian bisa komen buat minta pw sama aku? Kan caranya sama aja kalo kalian komen pas baca ffnya. Aku selalu menghargai setiap komentar yang masuk biar hanya 1 atau dua kata sekalipun setidaknya reader seperti itu masih tahu   caranya menghargai author. Bahkan aku selalu seneng kalo ada reader yang komen, rasanya perjuangan aku ga sia2 karena ada yang nungguin ff aku. 

Kalau kalian merasa sulit komentar di sini aku terima kalo kalian komen ke e-mail aku, twitter atau facebook. Karena aku tahu komentar melalui wordpress itu tidak mudah.

Aku bener2 udah sampai di puncak rasa jenuh aku, aku capek, bener2 capek, aku mohon sama kalian kalau kalian bener2 mau aku terus melanjutkan karyaku di bidang fanfic kalian komen di ff aku, itu aja yang aku minta dan tolong jika kalian sudah meminta passowrd tolong tinggalkan komentar di ff yang sudah aku berikan passwordnya itu. Aku tahu kalian pasti ga bisa langsung baca karena kesibukan kalian, aku tetep akan nunggu sampe kalian komen. Aku sadar kalaupun aku lepas dari dunia fanfiction ini, masih banyak author lain yang lebih dari aku. Jadi kalian ga akan ngerasa kehilangan aku kan?

Maaf kalau kalian merasa tulisan ini terlalu bertele-tele dan aku terlalu berlebihan menanggapi masalah SR toh semua blog ada SR jadi di mana masalahnya? Oke, aku cuma mau jawab aku lagi dalam puncak rasa lelah aku jadi anggep aja aku curhat di blogku sendiri

-regards

Ksaena

10 thoughts on “Tolong baca ini jika kalian menghargai saya…

  1. jadi author untuk dunia maya emang gak mudah saeng-a,, so just look at the sky, you can see the birds fly, mereka hanya terbang bebas, dan akan kembali ke sarangnya suatu saat, eonni rasa SR juga gitu, mereka terbang dulu untuk sekarang, nanti mereka akan kembali lagi, Dunia nulis emang selalu penuh rasa, yang penting sekarang kamu terus berjuang untuk berkarya….otte.. saeng a.. FIGHTING !!!!!

  2. Sabar ya saeng… SR itu emg slalu ga pernah menghargai tp jgn khawatir saeng, msh byk koq yg menghrgai karya saeng termasuk eon ini. Tuhan ga pernah menutup matanya pasti Dia yang menyadarkan SR tsb. Come’n dont give n keep writing saeng.

  3. memang SR itu nyebelin karna gak mau menghargain karya seorang author yg udah susah payah nulis n mikir ffnya
    ttp semangat saeng, onnie selalu setia kok baca ff kamu n selalu nungguin kamu ngepost ff disini

  4. Hehe aku one of silent reader sebenernya, bukan ga mau kasih komentar, cuman kalo memang bagus baru aku kasih komen, kalo engga ya ga bakal ku komen, kalo aku komen yang sarkas misal “tulisannya ga mutu” weits si author uda 7 hari tujuh malem misalnya bikin idenya ujung”nya di skeptis macam gitu pasti sedikit ciut lah. Maaf ya bukan brarti aku bermaksud apa”, aku juga hobi nulis jadi ngerti aja. Intinya gini chingu, asal ga ada yang memplagiati tulisan author, itu uda cukup berkesan, meliat banyaknya jumlah pengunjung ^^ jeongma mianatta chingu🙂

    • Annyeong chingu😀
      maaf sebelumnya waktu awal2 baca komentarmu aku agak sakit sih
      jujur aja berarti tulisanku belum bener2 bagus untuk mendapat cukup apresiasi
      tapi aku emang sadar sih dari penggunaan EYD, typo, konflik, sampe eksekusinya semua masih kurang dan jauh dari kata bagus
      aku juga sering baca ff2 lain dan semuanya bagus kadang bkin aku minder sendiri
      menurut aku contoh komen chingu itu termasuk bash *maaf
      siapapun authornya bakalan sakit hati kalo digituin
      mungkin maksud chingu baik, menegur secara halus supaya authornya bisa lebih baik tapinya itu terlalu blak2an chingu
      maaf aku bukannya sok tahu atau gimana, sebagai author aku juga seorang reader dan aku juga seorang SR
      jadi aku ngerti juga kenapa seseorang jadi SR
      aku sih selama ini ga masalah cuma kalo pas aku bkin post-an ini aku lagi beteeee banget soalnya waktu bkin ff aku dimarahin sama orang tua aku pdahal aku udah perjuangin itu ff tapinya yang komen ga ada 1/8 dari views itu kan nyakitin banget chingu
      belom lagi reader2 yang komen buat minta pw n minta lanjutin ffnya tapi ga komen di ffnya kan bener2 nyesek
      itu aja sih alesan aku
      ini cuma curhatan abal2 kok chingu ^___^
      tapi selebihnya SR bukan hal yang bakal menghentikan aku itu cuma sebagian kecil aja masalah dalam dunia fanfiction ini🙂
      maaf juga karena tiba2 curcol chingu hehehe

      gapapa kok chingu kalau ffku ini belum cukup bagus ;D
      aku akan menebus kesalahanku di ff2 berikutnya
      terima kasih banyak chingu
      komentarmu memberikan motivasi baru untukku😀

  5. @ Lestrina eonni, @ Erna eonni @ Ocha eonni : makasih atas dukungannya ya eonnideul ;D aku ga akan semudah itu nyerah kok😀 SR cuma batu sandungan aja di dalam perjuangan tulis menulis aku🙂
    aku akan tetap semangat ^__^

  6. Jeongma mian, slama ini aku ga perna komen yang sifatnya “BASH”, memang tidak pernah mau mengkomen, karna aku pernah baca, seorang reader yang komennya gini,”biasa aja thor, kurang daebak, banyak pikiran ya kaya ga pake hati”, (mungkin niatnya kritik membangun eh ujung”nya diserbu sama komentator lain) hehe aku sempet capture lo chingu trus liatin ke temen” aku yang lain, ya komennya sama kaya aku, “ya ini nih, mending jadi SR deh”. aku ga bilang punya chingu pemula, ato author lainnya, “everyone can startin writin, wrote anytin you want and nobody cant judge youre amateur”.
    aku minta maaf bener” minta maaf, ini ni jadi bikin ga enak nyakitin orang kan -_-“.

  7. mampir lagi sory yah ikutan mang banyak alasan orang jd sider
    terkadang emang masalah cerita ma penokohan
    deh sider tapi ada juga loh sider yg suka ma tuh ff pi gk mo komeng gk mo dikenalin gk mo terikat mo komeng eror trus ditolak wp kerna gravatar ato apalah kerna itu aku gk pake gravatar pikun sih maklom dah tuwir #halah apaan nih bla bla bla
    kalo aku sih lebih soal tokohnya aku gk tau knapa antis bangt ma boyben korea 1 ini jd aku sebisa mungkin berusaha gk liat baca dari pada ntar ocehanku melantur sengak jd bashing deh
    buka wp klo crita yg di ulas ttng mreka cabut dah tanpa baca #cuman tegok
    soory …saeng cos kamu bih muda dariku kayaknya
    tapi TOP banget deh kamu tak doa’n ntar bisa jd salah satu penulis top indo or jd penulis naskah pilem and sinetron kerna ampyun aku jd antis ma sinetron kita yg penuh fantasi bergelimang harta dendam walo rada berkurang sekarang lebih membumi sih
    da da da da i love you
    terus berkarya yah

  8. Annyeong, aku baru nemu tulisan kamu dan baru nemu juga blog kamu (?)🙂
    jujur, nasib kita sama😦
    di blog-ku juga banyak SR. Aku sendiri terkadang bingung. Kenapa banyak SR? Apakah ff yang aku buat tidak bagus baik dari penokohan, jalan cerita, segi bahasa maupun konflik. Sedih juga sih, kita udah nulis ff berlembar-lembar. Cuma minta komentar beberapa kata aja sulit. Hehe… Mian jadi ikut curhat.

    Keep writing, ya?😀

  9. sabar y saeng,jdi author t0o emanx g’ mdah…
    Lkukan ap y’ mnrut saeng it bsa buat saeng snang,kdang SR mmang sring mnjdi pnybab emosi bgi smua author,doa’n aj smga mrka cpat inshaf dan bsa mnghargai krya 0rg…<3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s