[Behind The Scene] All About Whether I Hate You or Not

Cover ff Whether I Hate You or not utama

HALLOOOO SEMUANYAAAAA AKU KEMBALIII *plak *berisik banget nih anak *pundung di pojokkan T___T

Setelah berjuang kurang lebih sebulan *lahhh singkat amat u___u * belajar, ngerjain soal, dan lain hal sebaginya trus nyolong2 buat namatin ff ini juga😄. AKHIRNYA aku bisa bilang Finally! Its over! Hoyeeee libur libur tinggal berjuang 1 lagi deh aku buat ujian masuk universitas😀

Yahhh di tengah UN yang bkin galau dan under pressure banget dan untungnya semua itu sudah berakhir walaupun masih kepikiran UN sih aku T.T walaupun kmrn ngerjainnya Puji Tuhan banget ga ada kesulitan yang berarti paling yahhh gtu deh A.A. Tapiiii daripada mikirin UN n pusing lagiii mendingan aku refreshing dengan comeback😀

Kali ini janji dehhh ga selama kemarin u___u aku usahain sih kyk kmrn seminggu sekali atau paling lama mentok dua minggu sekali. Jadi kalian ga lumutan nunggin author narsis ini comeback *halah ^^V

Okehhh seperti yang aku bilang aku bakalan bahas tentang All about WIHYON, pasti kalian penasaran dongg gimana sih cara aku bisa bkin ff ribeeeetttt banget kyk gtu konflik muter2 kayak apaan tau *kalah benang kusut* aku bakalan jawab pertanyaan kalian tentang hal-hal yang bingungin kalian di ff itu. Aku mau jelasin beberapa hal poin2 pengembangan ff itu termasuk penggalian karakter tokoh-tokohnya😀

Apalagi pas di awal banyak reader yang ngira Saena sama Yoonhee ketuker xixixixixi, padahal kalo baca teliti ga kayak gitu lohh kasusnya😄, ff aku ini emang kayak drama tapi ga kayak sinetron gitu juga kali -__-a aku mah mau membuat cerita ini menjadi sesuatu yang berbeda dan berkelas tentunya ^^v

Kalau ada yang belum jelas, bisa ditanyakan sama aku😛, okehhh marilah kita mulai *agak panjang bahasannya nih, silahkan ambil cemilan dulu XD*

1. Q : Darimana asal ide pembuatan Whether I Hate You or Not?

A : Pada awalnya aku lagi bercanda sama temenku yang ngefans banget sama Donghae, trus aku bilang kalo aku suka sama Donghae padahal bias utamaku kan bukan Donghae, nah karena aku manggil temenku itu ‘eomma’ aku jadi dapet ide karena ada pertanyaan yang memenuhi otakku waktu itu ‘ Ada ga sih seorang anak yang jatuh cinta sama ayahnya sendiri?’.

Nah itu tadinya ide awal WIHYON tentang anak yang jatuh cinta sama ayahnya sendiri, tapi setelah aku pikir-pikir dan rombak sana sini. Muncul satu pemikiran ‘Incest story … tema yang sensitive dan ada unsur cinta terlarang yang kuat banget dong kalo gitu walaupun tema ini jarang banget ada, cinta ayah anak, biasanya kan yang ada cinta sesama saudara kandung.’  Walaupun tema itu cukup jarang ada, tetep aja aku takut banyak reader yang ga suka sama cerita yang bener-bener ngambil tema berani dan luar biasa sensitive, aku takut nantinya malah menimbulkan kontroversi.

Dari situlah aku remake ide awalnya menjadi, ‘cinta anak dan ibu yang memperebutkan pria sama.’

2.Q: Poin Pengembangan Judul dari kalimat ‘Whether I Hate You or Not’

A:  Nahhhh ada yang bingung ga kenapa aku kasih judul kayak gitu, diliat dari sudut manapun kayaknya kurang cocok ya *author labil* -___-a

Jadi begini, sebenarnya itu mengarah ke konflik cinta sang tokoh utama Kim Yoonmi dan Lee Donghae yang terganggu dengan hadirnya Choi Saena, seorang gadis yang ternyata adalah anak kandung Yoonmi yang terpisah selama delapan belas tahun. Kalimat itu merujuk pada kekecewaan Yoonmi kenapa ia harus memperebutkan pria yang dicintainya dengan anaknya sendiri, kebimbangan menguasai hatinya, maka timbulah pertanyaan yang ditujukan pada dirinya sendiri apakah aku harus membencimu atau tidak?

3. Poin-poin yang terkandung dalam fanfic Whether I Hate You or Not

@Cinta

Yahhh poin ini jelas sih karena romance jadi genre utama aku membangun ff ini wkwkwkwk tapi hal yang baru aku sadar adalah aku membuat cukup banyak poin pengembangan tentang cinta dalam ff ini, bukan hanya merujuk pada satu jenis cinta melainkan beberapa jenis cinta yang membawa konflik pada tokoh-tokohnya

1. Cinta remaja (Minho-Yoonhee)

Menunjukkan cinta remaja khas anak SMA, labil dan masih kuat mengacu pada kisah cinta anak-anak seperti yang sering terjadi pada remaja usia seperti itu pada umumnya. Mereka masih menganggap cinta hanyalah sebatas perasaan terikat satu sama lain tanpa menggali lebih dalam makna perasaan itu sebenarnya.

2. Cinta Dewasa (Donghae-Yoonmi)

Menitik beratkan pada kisah Yoonmi dan Donghae yang lebih kompleks, lebih serius karena usia mengubah cara pandang mereka menjadi jauh lebih dewasa, penuh tanggung jawab, pengorbanan dan kerelaan.

3. Cinta Obsesi (Jessica-Donghae)

Mengusung kata ‘obsesi’ yang mendasari perjalanan cinta Jessica untuk Donghae, mengurung sang tokoh dalam keinginannya untuk mendapatkan cintanya kembali, hanya karena dendam masa lalu dan sepenggal kisahnya dan Donghae yang belum sepenuhnya selesai. Berbagai macam cara akan dilakukannya untuk bisa mempertahankan Donghae tetap di sisinya, tidak peduli bagaimana keadaan pria itu sekarang.

4. Cinta murni (Jonghyun-Yoonhee)

Cinta bukanlah hanya sebatas frasa atau keinginan lebih untuk memiliki seseorang, melainkan cinta adalah kata-kata lambang kebesaran hati, apakah kita bisa merelakan orang yang kita cintai berbahagia sedangkan kita sendiri tidak. Kisah cinta itulah yang dialami Jonghyun, ia harus merelakan Yoonhee, gadis yang dicintainya sejak lama menjadi milik orang lain. Ketulusan yang berakhir pahit.

5. Cinta karena ketergantungan (Saena-Donghae)

Pada awalnya Saena hanya memuaskan hasrat dan keinginan yang selama ini tidak dimilikinya, yaitu dicintai. Kebaikan dan kepedulian Donghae membawanya pada jalan yang salah, tercipta dari kehausan yang mendera jiwa. Membuatnya harus menyakiti dirinya dan orang-orang yang dicintainya secara konstan. Saena tidak menyadari rasa ketergantungannya yang membentuk cinta itu sendiri, bukan ketulusan, namun takdir mengabulkan cinta Saena, mengirimnya ke dalam pehligai rumah tangga dan harus bersaing dengan ibunya sendiri untuk mendapatkan cinta yang dimaksud.

@Keluarga

Konflik rumah tangga yang terlampau jauh tidak mengurangi pelajaran keluarga dalam ff ini. Dilihat dari kacamata keluarga Choi, yang menjadi keluarga angkat Saena, kasih sayang dan rasa cinta yang tertutup keegoisan. Keluarga Kim, keluarga Yoonmu dengan wajah penuh topeng dan kepalsuan, menyembunyikan kejujuran demi kepentingan mereka sendiri. Tidak hanya menceritakan tentang manusia secara individu melainkan hubungan mereka dengan keluarga.

@Dendam

Masalah semakin rumit saat Jessica, mantan kekasih Donghae, datang untuk kembali mengganggu hidupnya, setelah 10 tahun gadis itu pergi. Jessica datang bukan hanya untuk mengambil Donghae karena rasa cintanya, melainkan lebih kepada dendam. Dendam pada Yoonmi, karena merasa kalah dari gadis itu. Keserakahan menutup matanya, sama seperti Hyehwa yang ingin mengambil Yoonhee karena dendam, dendam untuk dirinya sendiri, pada keluarganya, membuanya lupa diri.

Dendam, satu kata ini, mampu membuat mereka saling menyakiti, sama seperti mereka menghancurkan kehidupan mereka sendiri, namun hal itu belum disadari oleh mereka.

@Pelajaran tentang kehidupan

Kehidupan tidak dirancang untuk selalu merasa tenang, damai, dan bahagia. Di dunia ini tidak ada orang yang tidak pernah merasa jatuh. Takdir berkata, roda berputar, menghantarkan kita pada dilema kehidupan. Membuat kita memetik pengalaman bahwa ‘inilah kehidupan.’ Itulah yang dialami hampir semua tokoh dalam ff ini, mengajarkan pada mereka untuk tidak cepat berpuas diri. Jarum jam masih berputar dan menandakan ritme yang semakin menjauh. Masih banyak game yang belum dimainkan.

Pegenalan Karakter Tokoh

Main Cast :

1. Kim Yoonmi

Do Hwe ji (covered for Kim Yoonmi) 3

Nahhh ulzzang ini kemungkinan aku pake buat sosok Kim Yoonmi di TCD kalo WIHYON kan belom pake Ulzzang😛 cuma bisa berubah sewaktu2😄

Kim Yoonmi : wanita yang anggun, dingin, berhati keras, baik, sedikit egois

Karakter Yoonmi banyak terinspirasi dari cerita drama di mana sang tokoh wanita yang hidupnya mandiri karena penderitaan, sehingga ia membenci kehidupan dan juga cinta. Selain itu karakter Yoonmi di sini didasari dari pengalaman hidupnya yang kelam. Sehingga sulit baginya untuk menjadi wanita yang lembut, justru di sinilah sisi kuat seorang Yoonmi muncul, menjadikannya wanita yang hebat yang tidak membutuhkan orang lain untuk membantu kehidupannya. Walaupun begitu  Yoonmi adalah seorang ibu yang luar biasa baik, mencintai anaknya dengan tulus walaupun sang anak tidak memberikan cinta untuknya dengan sama besar.

2. Lee Donghae

Donghae 18

Lee Donghae : Dingin, Berjiwa sosial, baik, sulit lepas dari bayangan masa lalunya, sedikit kesulitan bersikap tegas/ plin plan dalam urusan asmara, mudah menaruh empati pada orang lain, cerdas, dewasa

Karakter Lee Donghae sedikit  terinspirasi dari sifat asli Donghae Super Junior dan dikombinasi menjadi sosok Donghae dalam ff ini. Secara mendasar sifat-sifat Donghae merupakan sifat aslinya namun kehilangan sosok Jessica membuatnya menjadi manusia yang sulit menentukan keputusan, apalagi ditambah dengan kehadiran gadis itu dalam kehidupan rumah tangganya. Setelah berpisah dengan Jessica, sisi dinginnya mendominasi, membuatnya menjauh dari kehidupan cinta sampai ia bertemu Yoonmi. Salah satu sifat yang menonjol dalam diri Donghae lainnya adalah rasa sosial dan empatinya yang besar terhadap orang lain, sehingga Saena menaruh harapan besar padanya. Salah satu sifat negatif lainnya adalah rasa kasihan yang membuatnya sulit bersikap tegas dalam urusan kisah cintanya.

3. Choi Saena

Kim Seul Mi (Covered For Kim Saena) 3

Bakalan jadi Ulzzang Saena di TCD cuma bisa berubah😄

Choi Saena : dingin, pendiam, menjauhi dunia, cukup pemberani, egois, mempunyai sifat bergantung pada orang lain

Karakter Saena sendiri banyak terinspirasi dari tokoh dalam drama di mana sang gadis berusaha kuat dalam menghadapi dunia, tidak membutuhkan orang lain. Tetapi itulah kehidupan, kita tidak bisa hidup sendiri, selalu membutuhkan orang lain. Itulah yang terjadi pada Saena kehidupannya yang biasa berubah menjadi pahit saat ia tahu orang tua yang selama ini merawatnya bukanlah orang tua kandungnya. Saena merasa hidupnya hambar hingga suatu saat ia bertemu dengan Donghae, seseorang yang ia rasa mampu mewarnai kembali hidupnya yang kelam. Namun sayang, kedekatan mereka hanya berarti hubungan kakak adik bagi Donghae, tanpa dia tahu Saena mulai menaruh harapan padanya. Sehingga membuat Saena termakan keegoisannya sendiri, melakukan hal yang membuatnya terikat pernikahan dengan Donghae, sayangnya hal itu tidak lantas membuatnya bahagia.

Support Cast

1. Choi Minho

Minho shinee 8

Choi Minho : Tenang, pasif, penyayang, suka menyembunyikan perasaannya, periang (jika di rumah), terkadang meragukan perasaannya sendiri

Karakter Minho di sini banyak terinspirasi dari sosok Choi Minho SHINee yang cool dan terkesan pendiam, kemudian dikombinasi dengan sosok pria dalam drama di mana sang pria terkesan diam dan pasif tapi mempunyai tingkat kepedulian yang tinggi. Sosok Minho menjalani dua dunia, di sekolah dan di rumah menjadi sosok yang benar-benar berbeda. Sejak kecil Minho dan Saena sangat dekat, namun sejak Saena mengetahui kalau ia bukanlah kakak kandung Minho dan  ia perlahan menjauhi pria itu, kemudian disusul tindakan gadis itu untuk memisahkan Minho dari Yoonhee, membuat Minho menjadi sosok yang sangat pasif, seolah itu adalah sifat yang mendasari kepribadiannya bukan hanya sifat yang muncul ketika ia berada di sekolah. Sejak ia mengetahui kalau Jonghyun juga mencintai Yoonhee, ia berubah menjadi pria yang sedikit pencemburu namun masih berusaha menyembunyikan perasaannya, ditambah dengan kasus Saena dan Donghae, tanpa sadar pria itu maju sebagai pelindung Saena. Membuat hubungan Minho dan Yoonhee terkikis tanpa mereka sadari.

2. Kim Yoonhee

Lee So Ah ( covered for Kim Yoonhee) 1

Ulzzang Yoonhee buat TCD bisa berubah sewaktu2😄

Kim Yoonhee : Periang, egois, pemberani, tidak ragu menyuarakan pikirannya, baik, bersifat tertutup dalam hal yang menyangkut pribadi sebenarnya

Karakter Yoonhee banyak terinspirasi dari tokoh antagonis dalam drama di mana sang wanita mengejar seorang pria yang dicintainya dengan cara meleburkan semua yang akan menghalangi jalannya. Membuatnya tampak seperti gadis jahat, padahal jauh di dalam dirinya Kim Yoonhee adalah gadis yang baik dan tertutup. Ia menjadi gadis periang demi menutupi keadaan dirinya yang sesungguhnya. Sifat berani ditunjukkannya saat mendekatti Minho yang memang pasif, membuat pria itu langsung tertarik pada kepribadian Yoonhee.

3. Kim Jonghyun

Kim Jonghyun

Kim Jonghyun : Pasif, tertutup, misterius, cerdas, berjiwa sosial tinggi, setia, berjiwa besar, egois

Karakter Jonghyun banyak terinspirasi dari drama di mana sang pria yang harus merelakan orang yang dicintainya untuk orang lain. Kerelaannya untuk secara tidak langusng menjadi ‘pelayan’ Yoonhee membuktikan sifat Jonghyun yang berjiwa besar walaupun begitu Jonghyun termasuk egois karena ia tidak ingin melepas Yoonhee walaupun gadis itu telah memiliki kekasih. Sifat berjiwa sosial Jonghyun dicerminkan saat ia menolong Saena, padahal mereka baru saja saling mengenal.

4. Jessica Jung

Jessica snsd 5

Jessica Jung : Baik, anggun, egois, cerdik, dingin, menghalalkan segala cara untuk mendapatkan obsesinya, namun ia adalah sesosok  wanita yang rapuh

Karakter Jessica banyak terinspirasi dari drama di mana sang wanita kembali untuk merebut masa lalunya dikombinasikan dengan karakter wajah Jessica SNSD yang terkesan angkuh dan dingin menimbulkan karakter Jessica Jung dalam ff ini. Seseorang yang datang dari masa lalu Donghae, berperan sebagai pengganggu rumah tangga Yoonmi dan Donghae. Cerita dan kepingan masa lalu yang belum selesai, menuntutnya untuk merebut kembali Donghae dan menyelesaikan sisa masa lalu mereka yang tertinggal.

5. Lee Hyukjae a.k.a Eunhyuk

Eunhyuk 1

Eunhyuk : Periang, jahil, setia kawan, penolong, menyimpan banyak rahasia dalam perannya, berjiwa sosial

Karakter Eunhyuk banyak terinspirasi dari karakter asli Eunhyuk Super Junior dikombinasikan dengan sesosok pria dalam drama di mana sang pria setia kawan, berperan aktif sebagai sahabat yang baik. Dibalik sifat periang dan kejahilannya, Eunhyuk menyimpan jiwa sosial yang tinggi terbukti saat ia membantu Donghae. Kerelaan sebagai seorang sahabat yang setia.

Yuuhuuuuu *elap keringet* akhirnya selesai juga!😄

yahh aku tahu masih banyak yang misterius apalagi di bagian support castnya😄 tenang aja itu semua akan aku ungkap nanti🙂

oke ditunggu aja ya😀

Next Whether I Hate You or Not Series : Walk Away – Whether I Hate You or Not Side Story

11 thoughts on “[Behind The Scene] All About Whether I Hate You or Not

  1. Ternyata engga di protect ya…hehehe
    Pesan2 dr akhir ff ini bgs bgt, kita bisa ambil pesan yg dsampaikan utk reader. Good job dech saeng..👍👍👍👍👍👍

    • Iyaa eon tadi aku lagi ngetik karena panjang aku publish dlu soalnya takut tiba2 eror -_-a karena aku belom selesai ngetik wkwkwkwk
      pesan yang mana eon hehehe
      hmm iya aku pengen menitik beratkan poin yang pengalaman tentang kehidupan karena scr ga sadar ff ini membawa masalah kehidupan yang memang kyk sandiwara eon😀

      makasih eonni ^__^
      makasih juga udah baca + komen😀

    • hehehehehe kyknya kalo jadi novel
      ff ini terlalu ribet deh chingu😀

      sequelnya memang lebih ribet hehehe ^^v tapi tenang bakalan aku bkin lebih rapi dari yang ini😄

      oke deh makasih udah baca + komen😀

  2. annyeong saeng, udah kelar ya UN-nya? smoga sukses bwt ujian msk universitasnya jg ya ^^.. q kngn bgt sm ff WHIYON, pnsrn sm khdpn saena stlh cerai sm donghae oppa.. kyknya diafter story ini konfliknya lbh rumit ya, tp q msh ngharepin saena sm minho bs bersatu😄.. q jg pngn tau kelanjutan rmh tangga yoonmi sm donghae oppa apalagi orgtua donghae oppa jg msh blm bs nerima yoonmi n berusaha bwt misahin mrk😥..

    • Annyeong eonniii ;D
      udah dong😄 asliii lega banget eon hehe
      hmmm siap eonnii TCD lagi digarap kok jadi yahh ditunggu saja :p
      kyknya di TCD bakalan lebih ribet nih eon -_-a
      jadi agak2 lama aku garapnya

      ditunggu saja eon
      makasih udah baca + komen ;D

  3. ah… I see… ternyata itulah dalang dr terbentuknya cerita yg super nguras otak & hati. emg agak aneh awalnya knp judulnya panjang bgt & kyknya berat jg (?), tp over all suka bgt sama ceritanya walaupun bener2 kyk sinetron😄 malah lbh bagus dr sinetron2 di tv, udh kyk drama korea sih ‘__’)/*
    penjabaran karakternya & poin2 ceritanya bikin aku makin sadar & mikir “oh iya ya, emgnya kyk gitu” krn jujur kadang suka bingung & lupa dgn karakter masing2 dr awal baca di part 1 sampe akhir & poin ceritanya, krn sangking terhanyutnya sama jalan ceritanya pas baca
    sip! mantap! keren! daebak! amazing! (gak tau lagi mau bilang apa)
    ditunggu TCDnya yg kyknya makin runyem & makin bnyk yg terungkap ^^

    • Hehehe ya begitulahhh tapi awalnya jarang yg bisa nebak n ngeh dimana letak konflik utamanya muncul😄

      Ehh? berat berapa kilo? *plak
      masa sihhh ? engga ah kalo menurut aku mah
      ah iya dong ffku mah ga sinetron lah drama iya sinetron mah kaga -_-a

      Lupa pasti gegara kesel banget ma ff ini termasuk ma aku ya? A.A
      haha selamat mengingat kembaliii~

      Oke dehhh siap2 aja
      makasih udah baca + komen😀

  4. Great Eonni.
    Sorak gembira untuk Eonni kita…

    Eonni aku mau berterimakasih karena sudah bisa menulis cerita sebagus ini walaupun aku belum tamat baca FF ini, tapi aku bener-bener suka sama FF ini.

    FF bisa dijadikan Novel Net terbaik yang pernah aku baca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s